Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

22 Juni 2013

Makna Proklamasi Kemerdekaan

Setelah sekian lama dan berabad-abad  bangsa Indonesia memperjuangkan dan dilandasi oleh semangat kebangsaan, dan telah mengorbankan nyawa dan harta benda yang tidak terhitung jumlahnya, maka peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan tersebut. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa yang sangat penting dan memiliki makna yang sangat mendalam bagi para pejuang dan bangsa Indonesia sendiri.



        Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945 itu mempunyai makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia, antara lain sebagai berikut:

a.       Proklamasi yang menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang telah merdeka.

b.      Proklamasi merupakan titik kulminasi sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

c.       Proklamasi merupakan jembatan emas atau pintu gerbang menuju cita-cita nasional bangsa Indonesia mencapai masyarakat adil dan makmur.

d.      Proklamasi merupakan sumber hukum bagi tegak dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

e.       Proklamasi merupakan momen politik terbebasnya bangsa dan negara Indonesia dari belenggu penjajahan bangsa asing.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar