Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

22 Juni 2013

Sambutan Proklamasi Di Ibu Kota Negara

            Dalam waktu singkat, berita proklamasi kemerdekaan Indonesia menyebar ke seluruh Indonesia, bahkan ke seluruh dunia. Seluruh rakyat Indonesia menyambut berita itu penuh haru. Pekik merdeka bergema di mana-mana. Dua hari setelah peristiwa bersejarah itu, pada tangga 19 September rakyat Jakarta segera mengadakan rapat raksasa di Lapangan Ikatan Atletik Jakarta (IKADA). Rakyat berdatangan membanjiri lapangan. Mereka membawa panji-panji merah putih dan spanduk yang bertulisan tekad mereka untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

            Padahal sebelumnya, pemerintah Jepang telah melarang penyelenggaraan acara tersebut. Alasannya, mereka merasa bertanggung jawab masalah keamanan di Indonesia sebelum dilaksanakan penyerahan terhadap Sekutu. Tentara Jepang melakukan penjagaan yang sangat ketat di lapangan IKADA. Namun demikian, masyarakat Jakarta tetap berduyun-duyun memenuhi lapangan.


            Presiden Soekarno beserta rombongan memasuki lapangan. Presiden melakukan pidato dan bendera Merah Putih pun dikibarkan. Untuk menghindari insiden denga tentara Jepang, Bung Karno hanya menyampaikan sedikit pesan kepada rakyat agar tetap percaya kepada pimpinan. Setelah itu, masyarakat kembali ke tempat mereka masing-masing dengan tertib dan tenang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar