Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

22 Juni 2013

Penyebaran Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

            Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. Peristiwa tersebut tidak hanya penting diketahui oleh rakyat Indonesia sendiri, tetapi juga harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang.

            Untuk mengumumkannya ke berbagai penjuru dunia, teks Proklamasi berhasil diseludupkan ke kantor pusat pemerintah Jepang Domei. Para pejuang yang berada di kantor tersebut di antaranya, Adam Malik, Rinto Alwi, Asa Bafaqih, Marconis Wua, dan P. Lubis. Pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 18.30 WIB, wartawan Syarifuddin berhasil memasuki gedung siaran radio Hoso Kanri Kyoku untuk menyampaikan teks Proklamasi. Para pejuang seperti Yusuf Ronodipura, Bachtiar Lubis, dan Suprapto berhasil menyiarkan berita itu pada pukul 19.00 WIB.


            Di samping itu, para wartawan juga sangat besar peranannya dalam menyiarkan proklamasi melalui surat-surat kabar. Peristiwa proklamasi, di antaranya diberitakan melalui surat kabar Suara Asia yang terbit di Surabaya dan Cahaya yang terbit di Bandung. Pemerintah Indonesia pun tidak tinggal diam. Segera setelah pengangkatan para gubernur pada tanggal 2 September 1945, Pemerintah Indonesia menugaskan gubernur-gubernur itu untuk menyiarkan berita proklamasi di wilayahnya masing-masing.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar