Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

3 Juli 2012

Berkah Cinta Rasul


Dalam kitab hadits Bihar Al-Anwar, diceritakan sebuah kisah tentang kecintaan seorang sahabat kepada Rasulullah saw:

Ada seorang pedagang minyak goreng di Madinah. Setiap kali hendak pergi, termasuk ke pasar, dia selalu melewati rumah Rasulullah saw. Dia selalu singgah di tempat itu sampai merasa puas memandang wajah Rasul. Setelah itu ia pergi ke pasar.

Suatu saat, setelah melepaskan rindunya kepada Rasul, seperti biasanya dia pergi ke pasar. Tetapi, tidak berapa lama setelah itu, dia datang lagi. Nabi terkejut sehingga beliau bertanya, "mengapa kau kembali lagi?" Pedagang itu menjawab dengan suara gemetar haru, "Ya Rasulullah, setelah sampai di pasar hati saya gelisah. Saya ingin kembali lagi. Izinkan saya memandang engkau sebentar saja untuk memuaskan kerinduan saya." Kemudian Rasulullah saw berbincang-bincang dengan orang itu.

Tidak berapa lama setelah peristiwa itu, Rasul tidak melihat lagi pedagang minyak itu lewat di depan rumah beliau. Berhari-hari orang itu tak lagi kelihatan keberadaannya di depan Rasulullah saw. Beliau akhirnya mengajak sahabat-sahabatnya untuk menjenguknya. Berangkatlah mereka ke pasar. Sampai pasar, diperoleh kabar bahwa orang itu telah meninggal dunia. Rupanya, pertemuan sampai dua kali waktu itu merupakan isyarat bahwa dia tak bisa lagi memandang wajah Rasulullah saw.

Rasulullah lalu bertanya kepada orang-orang di pasar, "Bagaimana akhlak orang itu?" Mereka berkata, "Orang itu sangat jujur. Cuma ada sedikit saja kekurangannya. Orang itu senang perempuan." Kemudian Rasulullah saw berkata, "Sekiranya orang itu dalam dagangnya agak curang sedikit pun, Allah akan mengampuni dosanya karena kecintaannya kepadaku."

Rasulullah bersabda "sekiranya" untuk menegaskan kejujuran orang itu berkat kecintaannya kepada Nabi. Kecintaannya kepada Rasulullah dibuktikan melalui kejujurannya dalam berdagang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar