Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

5 Juni 2012

Teuku Umar (1854 - 1899)

1. Riwayat Hidup
Aceh merupakan salah satu wilayah yang memiliki peran sangat besar terhadap perjuangan dan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Di tanah ini, banyak muncul pahlawan-pahlawan nasional yang sangat berjasa, tidak hanya untuk rakyat Aceh saja tapi juga untuk rakyat Indonesia pada umumnya. Salah satu pahlawan tersebut adalah Teuku Umar. Ia dilahirkan pada tahun 1854 (tanggal dan bulannya tidak tercatat) di Meulaboh, Aceh Barat, Indonesia. Ia merupakan salah seorang pahlawan nasional yang pernah memimpin perang gerilya di Aceh sejak tahun 1873 hingga tahun 1899.
Kakek Teuku Umar adalah keturunan Minangkabau, yaitu Datuk Makdum Sati yang pernah berjasa terhadap Sultan Aceh. Datuk Makdum Sati mempunyai dua orang putra, yaitu Nantan Setia dan Achmad Mahmud. Teuku Achmad Mahmud merupakan bapak Teuku Umar. 

Ketika perang aceh meletus pada 1873 Teuku Umar ikut serta berjuang bersama pejuang-pejuang Aceh lainnya, padahal umurnya baru menginjak19 tahun. Mulanya ia berjuang di kampungnya sendiri yang kemudian dilanjukan ke Aceh Barat. Pada umur ini, Teuku Umar juga sudah diangkat sebagai keuchik (kepala desa) di daerah Daya Meulaboh.
Kepribadiaan Teuku Umar sejak kecil dikenal sebagai anak yang cerdas, pemberani, dan kadang suka berkelahi dengan teman-teman sebayanya. Ia juga memiliki sifat yang keras dan pantang menyerah dalam menghadapi segala persoalan. Teuku Umar tidak pernah mendapakan pendidikan formal. Meski demikian, ia mampu menjadi seorang pemimpin yang kuat, cerdas, dan pemberani. Pernikahan Teuku Umar tidak sekali dilakukan. Ketika umurnya sudah menginjak usia 20 tahun, Teuku Umar menikah dengan Nyak Sofiah, anak Uleebalang Glumpang. Untuk meningkatkan derajat dirinya, Teuku Umar kemudian menikah lagi dengan Nyak Malighai, puteri dari Panglima Sagi XXV Mukim. Sejak saat itu, ia mulai menggunakan gelar Teuku. Pada tahun 1880, Teuku Umar menikahi janda Cut Nyak Dien, puteri pamannya. Sebenarnya Cut Nyak Dien sudah mempunyai suami (Teuku Ibrahim Lamnga) tapi telah meninggal dunia pada Juni 1978 dalam peperangan melawan Belanda di Gle Tarun. Setelah itu, Cut Nyak Dien bertemu dan jatuh cinta dengan Teuku Umar. Keduanya kemudian berjuang bersama melancarkan serangan terhadap pos-pos Belanda di Krueng. Hasil perkawinan keduanya adalah anak perempuan bernama Cut Gambang yang lahir di tempat pengungsian karena orang tuanya tengah berjuang dalam medan tempur.
Belanda sempat berdamai dengan pasukan Teuku Umar pada tahun 1883. Satu tahun kemudian (tahun 1884) pecah kembali perang di antara keduanya. Pada tahun 1893, Teuku Umar kemudian mencari strategi bagaimana dirinya dapat memperoleh senjata dari pihak musuh (Belanda). Akhirnya, Teuku Umar berpura-pura menjadi antek (kaki tangan) Belanda. Istrinya, Cut Nyak Dien pernah sempat bingung, malu, dan marah atas keputusan suaminya itu. Gubernur Van Teijn pada saat itu juga bermaksud memanfaatkan Teuku Umar sebagai cara untuk merebut hati rakyat Aceh. Teuku Umar kemudian masuk dinas militer. Atas keterlibatan tersebut, pada 1 Januari 1894, Teuku Umar sempat dianugerahi gelar Johan Pahlawan dan diizinkan untuk membentuk legium pasukan sendiri yang berjumlah 250 tentara dengan senjata lengkap.

Saat bergabung dengan Belanda, Teuku Umar sebenarnya pernah menundukkan pos-pos pertahanan Aceh. Peperangan tersebut dilakukan Teuku Umar secara pura-pura. Sebab, sebelumnya Teuku Umar telah memberitahukan terlebih dahulu kepada para pejuang Aceh. Sebagai kompensasi atas keberhasilannya itu, pemintaan Teuku Umar untuk menambah 17 orang panglima dan 120 orang prajurit, termasuk seorang Pangleot sebagai tangan kanannya akhirnya dikabulkan oleh Gubernur Deykerhorf yang menggantikan Gubernur Ban Teijn. 


Pada tanggal 30 Maret 1896, Teuku Umar kemudian keluar dari dinas militer Belanda dengan membawa pasukannya beserta 800 pucuk senjata, 25.000 butir peluru, 500 kg amunisi, dan uang 18.000 dollar. Dengan kekuatan yang semakin bertambah, Teuku Umar bersama 15 orang berbalik kembali membela rakyat Aceh. Siasat dan strategi perang yang amat lihai tersebut dimaksudkan untuk mengelabuhi kekuatan Belanda pada saat itu yang amat kuat dan sangat sukar ditaklukkan. Pada saat itu, perjuangan Teuku Umar mendapat dukungan dari Teuku Panglima Polem Muhammad Daud yang bersama 400 orang ikut menghadapi serangan Belanda. Dalam pertempuran tersebut, sebanyak 25 orang tewas dan 190 orang luka-luka di pihak Belanda.

Gubernur Deykerhorf merasa tersakiti dengan siasat yang dilakukan Teuku Umar. Van Heutsz diperintahkan agar mengerahkan pasukan secara besar-besaran untuk menangkap Teuku Umar. Serangan secara mendadak ke daerah Melaboh menyebabkan Teuku Umar tertembak dan gugur dalam medan perang, yaitu di Kampung Mugo, pedalaman Meulaboh pada tanggal10 Februari 1899.


2. Pemikiran
Sejak kecil, Teuku Umar sebenarnya memiliki pemikiran yang kerap sulit dipahami oleh teman-temannya. Ketika beranjak dewasa pun pemikirannya juga masih sulit dipahami. Sebagaimana telah diulas di atas bahwa taktik Teuku Umar yang berpura-pura menjadi antek Belanda adalah sebagai bentuk “kerumitan” pemikiran dalam dirinya. Beragam tafsir muncul dalam memahami pemikiran Teuku Umar tentang taktik kepura-puraan tersebut. Meski demikian, yang pasti bahwa taktik dan strategi tersebut dinilai sangat jitu dalam menghadapi gempuran kolonial Belanda yang memiliki pasukan serta senjata sangat lengkap. Teuku Umar memandang bahwa “cara yang negatif” boleh-boleh saja dilakukan asalkan untuk mencapai “tujuan yang positif”. Jika dirunut pada konteks pemikiran kontemporer, pemikiran seperti itu kedengarannya lebih dekat dengan komunisme yang juga menghalalkan segala cara. Semangat perjuangan Teuku Umar dalam menghadapi kolonialisme Belanda yang pada akhirnya mendorong pemikiran semacam itu.


3. Karya
Karya Teuku Umar dapat berupa keberhasilan dirinya dalam menghadapi musuh. Sebagai contoh, pada tanggal 14 Juni 1886, Teuku Umar pernah menyerang kapal Hok Centon, milik Belanda. Kapal tersebut berhasil dikuasai pasukan Teuku Umar. Nahkoda kapalnya, Hans (asal Denmark) tewas dan kapal diserahkan kepada Belanda dengan meminta tebusan sebesar 25.000 ringgit. Keberanian tersebut sangat dikagumi oleh rakyat Aceh. Karya yang lain adalah berupa keberhasilan Teuku Umar ketika mendapatkan banyak senjata sebagai hasil dari pengkhianatan dirinya terhadap Belanda.


4. Penghargaan
Berdasarkan SK Presiden No. 087/TK/1973 tanggal 6 November 1973, Teuku Umar dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Nama Teuku Umar juga diabadikan sebagai nama jalan di sejumlah daerah di tanah air, salah satunya yang terkenal adalah terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Selain itu, namanya juga diabadikan sebagai nama sebuah lapangan di Meulaboh, Aceh Barat.


SEKILAS LAGI TENTANG SEJARAH TEUKU UMAR
      
Teuku Umar lahir dalam Tahun 1854 di Meulaboh. Ayahnya bernama Teuku Mahmud, dan ibunya seorang adik raja Meulaboh. Teuku Mahmud bersaudara dengan Nanta Setia, Ulebalang di VI Mukim, ayah Cut Nyak Din yang kemudian kawin dengan Teuku Umar. Mereka itu keturunan perantau dari Minangkabau yang datang di Aceh pada akhir abad ke-17.

Gelar Teuku diperoleh dari kake Umar yang bernama Nanta Cih sebagai penghargaan atas jasanya membantu Sultan Alaiddin Syah dalam pertentangannya dengan Panglima Polim dan Sagi XXII. Dengan bantuan Nanta Cih itu Sultan mendapat kemenangan dan Nanta Cih diberi gelar Teuku yang diwariskan kepada anak-anak dan cucu-cucunya, antara lain Teuku Umar. Umar bersaudara ada 6 orang, yaitu 2 wanita dan 4 pria.

Umar tidak pernah mendapat pendidikan seperti lazimnya di kalangan anak yang sederajat. Ia lebih banyak mengikuti kemauannya sendiri, tidak mau tunduk kepada orang tuanya dan kepada siapa pun. Ia suka berkelahi dan berkelana ke hutan-hutan di Aceh Barat dengan membawa senjata yang tingginya sama dengan tubuhnya dan membawa kelewang pula. Dalam usianya yang masih muda ia menduduki jabatan Kepala Kampung Darat. Tiap hari ia dikelilingi oleh orang-orang pemberani, khususnya bekas prajurit. Ia ciptakan suasana jagoan karena mendambakan menjadi pahlawan yang berani dan tangguh.

Kemauannya sepanjang hayatnya pun serba keras pula. Ia hidup hanya sampai umur 45 tahun, dan dari seluruh umurnya itu 19 tahun terlibat dalam perjuangan yang khas Teuku Umar. Mula-mula ia melawan Belanda, namun kemudian berbalik membantu Belanda dan akhirnya kembali ke pangkuan perjuangan rakyat hingga akhir hayatnya. Semasa hidupnya kawin 3 kali. Pertama, dengan Sapiah puteri Ulebalang Glunang. Kedua, dengan Nyak Maligai, puteri Panglima Sagi XXV. Dan yang ketiga, dengan Cut Nyak Din, puteri pamannya, Nanta Setia.

Dari perkawinannya dengan Cut Nyak Din ia mendapat seorang puteri yang diberi nama Cut Nyak Dumbang yang kemudian kawin dengan Teuku Mayet di Tiro. Waktu Perang Aceh meletus pada tahun 1873, Umar berusia 19 tahun. Ia segera terjun ke dalam perjuangan bersenjata dan menunjukkan keberanian dan ketangkasannya. Mula-mula ia berjuang di kampungnya sendiri. Ia menjadi kepala kampung, yaitu kampung Darat daerah Meulaboh.

Daerah pertempurannya meluas sampai Meulaboh sehingga Belanda mengerahkan pasukannya untuk merebut kampung Darat yang merupakan Markas Besar Teuku Umar. Pertahanan Umar amat kuat dan tidak mudah Belanda menundukkannya. Baru setelah kampung Darat dibom dari kapal yang berlabuh di pantai serta sesudah pertempuran di tepi pantai yang amat sengit, kampung Darat dapat diduduki Belanda pada bulan Pebruari 1878. Teuku Umar lalu bergerak ke Aceh Barat dan meneruskan perjuangannya di daerah itu.

Pada akhir 1875 Teuku Umar datang di VI Mukim dan bertemu dengan Ulebalangnya, yakni Nanta Setia. Dia adalah paman Teuku Umar, saudara sekandung ayahnya, Teuku Mahmud. Waktu itu pamannya telah mundur dari daerahnya yang diduduki Belanda. Dalam perang gerilya di Sela Gle Tarum, menantu pamannya, Ibrahim Lamnga, gugur. Umar sempat menyaksikan upacara pemakamannya.

Kemudian ia membantu pamannya dalam merebut kembali VI Mukim dan berhasil pula. Ia tinggal di sana dan pada tahun 1680 mengawini puteri pamannya, janda Ibrahim Lamnga, yaitu Cut Nyak Din. Selanjutnya Cut Nyak Din ikut giat dalam perang. Dalam tahun 1882 Umar dibantu isterinya melancarkan serangan terhadap pos-pos Belanda yang berada di Krueng. Dalam menghadapi Belanda rakyat Aceh terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, golongan yang sama sekali tidak mau tundukatau pun bekerjasama dengan Belanda. Golongn ini disebut golongan Sabilillah.

Dasar perjuangannya kecuali memusuhi Belanda yang hendak menjajah Aceh, pun memusuhinya karena Belanda itu golongan kafir. Para pemimpinnya yang mashur dari golongan ini ialah Tengku Cik di Tiro, Panglima Polim dan Cut Nyak Din, isteri Teuku Umar. Golongan kedua ialah yang mau tunduk dan mau bekerja sama dengan Belanda, tetapi kemudian berbalik memihak lagi kepada rakyat.

Dalam hal ini dapat disebut Teuku Muda Baid, Kepala Mukim VII dan Teuku Umar yang bahkan hingga dua kali berbulak-balik tunduk kepada Belanda kemudian memusuhinya. Dua orang pejuang ini berbuat demikian dengan alasan masingmasing. Teuku Muda Baid menyerah kepada Belanda sesudah Markas Besarnya diduduki Belanda dan setelah kalah dalam pertempuran di Longi. Oleh Belanda ia lalu ditugaskan memadamkan perlawanan rakyatnya, namun kemudian berbalik kepada rakyatnya lagi hingga akhirnya ia ditangkap dan diasingkan ke Banda.

Adapun Teuku Umar tunduk kepada Belanda dengan perhitungannya yang khas, yaitu untuk dapat merebut senjata dan peralatan perang. Manakala maksud itu sudah dapat dilakukannya, ia lari dengan pasukannya dan kembali berjuang di pihak rakyat. Golongan yang ketiga ialah yang mau tunduk kepada Belanda. Kebanyakan karena kelemahannya dan merasa kewalahan menghadapi musuh yang persenjataannya lengkap dan lebih unggul dari persenjataan rakyat.

Perhitungannya, mustahil Belanda dapat dikalahkan oleh persenjataan rakyat yang serba kurang. Tingkahlaku Teuku Umar dalam perjuangan amat sulit diterka. Cut Nyak Din, isterinya menjadi kebingungan, malu dan marah waktu Umar tunduk kepada Belanda. Demikianlah, karena ia terkenal sebagai wanita pejuang yang tidak mengenal damai dengan musuh. Untuk pertama kalinya Umar berbalik kepada Belanda justru waktu ia pada tahun 1883 tinggal di rumah isteri bersama mertuanya. Cut Nyak Din amat sedih menghadapi perbuatan suaminya itu.

Belanda banyak kali salah perhitungan, karena mengira Aceh sudah dikuasainya waktu istana Sultan didudukinya pada tahun 1874, pada hal rakyat di luar istana melawan terus dan Sultan pun mengungsi untuk mengatur perlawanan. Belanda menempatkan Aceh Besar langsung di bawah pemerintahan sipil Belanda, pada hal situasi seluruh Aceh Besar sama sekali tidak menggambarkan keamanan. Perlawanan di Aceh Besar tetap berkobar, dimulai dengan penyerbuan oleh Nyak Hasan, tangan kanan Teuku Umar.

Bahan makanan dan perlengkapan senjata yang didatangkan dari luar Aceh Besar banyak yang jatuh di tangan pejuang. Oleh karenanya Belanda memperkeras tindakan dan pengamanannya, terutama di bandar pantai Aceh Utara, Ulee-lee, Sigli dan Samalanga. Pada bulan Nopember 1884 kapal Inggeris Nisero terdampar di pantai Teunom, Aceh Barat. Raja Teunom, Teuku Imam Muda menawan semua awak kapal dan menyita muatannya. Inggeris dan Belanda tidak dapat menyelesaikannya, meskipun mengirim kapal perang Inggeris Begagus untuk mengancam raja Teunom. 
Akhirnya hanya dapat diselesaikan dengan membayar tebusan 100.000 dollar. Itu pun dengan bantuan Teuku Umar yang diminta oleh gupernur Laging Tobias. Waktu itu Umar memang sedang tunduk kepada Belanda, sejak tahun 1883 seperti tersebut di atas. Belanda mengirim Umar dengan 32 orang anak buah Teunom untuk membereskan soal tersebut. Di tengah jalan pendayung sampan yang membawa Teuku Umar dibunuhnya semua. Semua senjata dan amunisi disita dan Teuku Umar lari untuk berbalik kepada perjuangan rakyat.

Setelah melarikan diri dari Belanda, pada tanggal 14 Juni 1886 Teuku Umar menyerang kapal Hok Canton milik Belanda dengan nakhoda Hans, orang Denmark. Umar menyerang kapal itu, karena ia menduga bahwa nakhodanya akan menangkap dirinya. Dalam pertempuran itu nakhoda tersebut tewas. Kemudian kapal diserahkan kepada Belanda dengan uang tebusan sebesar 25.000 ringgit. Setelah lebih dari 10 tahun berperang di Aceh, Belanda meyakini, bahwa Aceh tidak dapat ditundukkan oleh kekuatan senjata.

Pertempuran terus-menerus terjadi di mana-mana. Di daerah XXVI Mukim rakyat dipimpin oleh Teuku Asan; di Aceh Timur, Langkat dan Tamiang di bawah pimpinan Nyak Makam. Belanda berusaha mendekati Teungku Cik di Tiro, tetapi sama sekali gagal karena pemimpin pejuang Aceh ini berpendirian Sabilillah.

Sementara itu di Aceh telah datang Dr. Snouck Hurgronye yang menyamar dengan nama Abdul Algaffar, bertempat tinggal di tengah-tengah rakyat, yaitu Peukan Aceh. Kehadirannya mulamula tidak disetujui oleh gupernur Aceh, tetapi didukung oleh pemerintah Hindia Belanda. Snouck Hurgronye dapat mengadakan kontak dengan pemimpin-pemimpin perjuangan Aceh karena ia faham bahasa Arab dan pernah bermukim di Mekkah.

Pemukimannya di Mekkah adalah terutama untuk mendekati orang-orang Aceh yang bermukim di sana dan yang sedang menunaikan ibadah haji. Maksudnya untuk mengetahui sikap rakyat Aceh terhadap Belanda yang sedang memeranginya. Seberapa dapat untuk melemahkan pendiriannya sekaligus membujuk agar mau tunduk kepada Belanda. Berdasar surat-menyurat dengan Teungku Cik di Tiro.

Snouck dapat menerangkan, bahwa Sultan tidak mempunyai peranan apa-apa. Yang berkuasa ialah para bawahannya. Pengaruh kaum ulama digambarkannya sebagai sangat besar sekali. Laporan Snouck Hurgronye itu disimpulkan oleh pemerintah Hindia Belanda, bahwa cara menundukkan Aceh haruslah dengan memecah-belah kekuatan yang ada dalam masyarakat. Golongan ulama akan dihadapi dengan kekuatan senjata dan golongan bangsawan akan dibujuk masuk pamongpraja. Sementara itu pertahanan militernya diperkuat dengan mengadakan garis-garis penutup (afsluitingslinie) kurang lebih seperti sistem benteng-benteng dalam perang Diponegoro.

Daerah yang sudah direbutnya ditutup untuk rakyat Aceh yang membangkang. Disanalah didirikan benteng yang kuat. Dengan demikian pejuangpejuang digiring mundur. Dalam usahanya merebut Aceh, Gubernur van Teijin memerlukan bantuan Teuku Umar yang diketahuinya berpengaruh besar, mempunyai jumlah anak buah yang banyak dan kuat, lagi dikenal cakap menjalankan tugas-tugas militer. Oleh karena itu pada bulan Januari 1888 van Teijin mengusulkan kepala gupernur jenderal untuk mengampuni Teuku Umar. Gubernur jenderal menolak usul itu hingga dua kali.

Kemudian atas saran Snouck Hurgronye sikap pemerintah Hindia Belanda berobah dan terlaksanalah rencana Gupernur Aceh van Teijin untuk merangkul Teuku Umar. Umar tidak pula menolak permintaan Belanda agar dia masuk kembali ke dinas militer. Pada bulan Agustus 1893 di Kutaraja diadakan upacara Teuku Umar masuk dinas militer Belanda. Ia' bersumpah setia di hadapan gupernur merangkap Panglima Aceh. Teuku Umar diterima masuk dinas militer Belanda dan diberi gelar Teuku Johan Pahlawan. Ia diizinkan membentuk legiun (pasukan) sendiri yang beranggotakan 250 orang dengan persenjataan lengkap dan diberi tugas mengamankan daerah Aceh Besar dan sekitarnya.

Teuku Umar berhasil. Banyak pos-pos pertahanan rakyat Aceh yang dapat ditundukkan, yaitu yang termasuk daerah XXV Mukim dan XXVI Mukim. Di kalangan perjuangan Aceh timbul tanda tanya tentang sikap dan pendirian Teuku Umar. Cut Nyak Din, isteri Umar yang tidak mau damai dengan Belanda, amat sedih dan malu serta marah sekali. Ia mendesak Umar agar selekasnya berbalik kepada rakyat. Dalam pada itu Umar mendapat tekanan batin dan penghinaan dari pembesar-pembesar militer Belanda. Seringkali ia dicurigai dan isterinya Cut Nyak Din pun dicurigai pula.

Umar menjadi gelisah sekali, namun ia rupanya merencanakan sesuatu yang lebih menguntungkan baginya dan bagi perjuangan Aceh. Ia belum segera bertindak meninggalkan kedudukannya sebagai Teuku Johan Pahlawan. Sementara itu Gubernur van Teijin digantikan oleh Deykerhoff, seorang yang tidak berpendirian keras seperti van Teijin. Gubernur baru ini tidak suka pada kekerasan. Waktu ia mulai berkuasa, di kalangan pejuang Aceh pun terjadi perobahan. Teungku Cik di Tiro meninggal dunia.

Kedudukannya digantikan oleh puteranya, Ma' Amin, namun tidak besar pengaruhnya di kalangan kaum pejuang, bahkan ia berbuat berbagai kesalahan hingga menimbulkan kegelisahan di kalangan rakyat. Oleh karena itu Teuku Umar pernah bertindak terhadap Ma'Amin. Meskipun demikian masyarakat pejuang masih lebih memberi penghargaan kepada Ma'Amin yang bagaimana pun juga tetap melawan Belanda, daripada Umar yang berpihak kepada musuh. Makin lama tingkah Umar itu tak tertahankan lagi bagi isterinya

Cut Nyak Din mendesak agar Umar secepatnya berbalik memihak pejuang. Teuku Umar tidak secepat diharapkan isterinya berbalik kepada rakyatnya. Ia justru menyatakan kepada gupernur Deykerhoff, bahwa ia akan menjalankan tugasnya dengan baik. Ia sanggup mengamankan daerah VI Mukim, IX Mukim sampai Sagi XXVI, semuanya daerah-daerah pejuang Aceh dengan kekuatan yang besar. Untuk tugas yang berat itu Umar minta tambahan kekuatan manusia dan persenjataan. Dengan kepercayaan penuh dari gupernur, Umar mendapat bantuan 17 orang panglima perang dari pantai Aceh Barat dan 120 orang prajurit yang dulu termasuk anak buah Teuku Umar. Di antara 17 orang panglima perang itu terdapat Pang Leot yang amat berani dan ditakuti pasukan Belanda. Pang Leot adalah tangan kanan Umar.

Pertempuran terjadi di sana sini. Tekanan dari pihak pejuang cukup berat sehingga Umar minta agar Belanda keluar dari lini pertahanannya. Hal itu dapat dimaklumi dan permintaan Umar pun dikabulkan. Dengan demikian lini pertahanan Belanda agak diperlonggar dan dibentuklah lini kedua yang tidak terlalu kuat seperti lini yang pertama. Sementara itu rakyat Aceh makin memperkuat dirinya. Pejuang-pejuang Sabilillah bertambah tinggi semangatnya, terutama ulama Kutakarang yang tampil dengan pasukannya yang tangguh.

Pada saat yang serba memuncak itu Teuku Umar mulai memainkan sandiwaranya. Pertempurannya melawan pasukan Aceh merupakan pertempuran sandiwara. Serbuan pasukan Umar sebentar dihadapi oleh kaum pejuang yang kemudian melarikan diri sambil melepaskan tembakan, namun tidak mengenai sasasran, melainkan menembak ke udara kosong.

Pada permulaan permainan sandiwara Teuku Umar itu, ulama Kutarang yang memegang tampuk pimpinan pejuang Aceh meninggal dunia. Ia digantikan oleh ulama Tanah Abue. Panglima baru ini bukan seorang diplomat, tetapi prajurit. Ulama Abue mengerahkan kekuatan untuk selekasnya mengusir Belanda. Ulama, panglima dan Sultan amat memerlukan bantuan Teuku Umar. Maka datanglah saatnya Teuku Umar mengakhiri sandiwara-nya.

Pada tanggal 30 Maret 1896 dengan resmi Teuku Umar mengundurkan diri dari dinas militer Belanda. Ia keluar dengan segenap pasukannya dan membawa 800 pucuk senjata, 15.000
butir peluru, 500 kg amunisi dan uang 18.000 dollar. Segera ia bersatu dengan pasukan pejuang Aceh, Panglima Polim, ulama-ulama Di Tiro, para Ulebalang yang juga telah menghentikan kerjasamanya dengan Belanda. Semua kekuatan dikerahkan untuk menghadapi Belanda. Sudah tentu Belanda amat marah sekali, terutama sekali gupernur Deykerhoff yang ditipu mentah-mentah oleh Teuku Umar.

Pimpinan pemerintah Hindia Belanda di Jakarta segera bertindak. Dikirimnya van Heutsz yang datang di Aceh pada bulan Mei 1898 menggantikan van Vliet. Ia merencanakan dengan matang tindakan keras terhadap pejuang-pejuang Aceh, khususnya Teuku Umar tidak akan diampuninya. Panglima Angkatan Darat Hindia Belanda datang di Aceh. Teuku Umar ditulisi surat untuk mengembalikan segala peralatan perang yang dilarikannya.

Tentu saja tidak ada jawaban hingga usaha Belanda itu gagal sama sekali. Umar dipecat dari dinas militer sebagai Panglima Besar dan Ulebalang Leupong dengan gelarnya Teuku Johan Pahlawan, semua kedudukan dan gelar itu tidak perlu lagi bagi Umar. Yang perlu sekarang, ia membaktikan jiwa raganya untuk Aceh dan agama Islam.

Untuk itu tidak sayang kehilangan nyawanya. Pendiriannya mendapat penghargaan tinggi dari rakyat Aceh, terutama dari Cut Nyak Din, isterinya. Teuku Umar menyerang pos-pos Belanda dan merencanakan akan menyerang Meulaboh. Bulan-bulan Pebruari 1899 ia sudahdi daerah Meulaboh dalam pengawalan yang tidak begitu kuat seperti biasanya seorang Panglima Perang di daerah bergolak. Hal itu diketahui oleh van Heutsz yang segera mengerahkan pasukannya untuk menangkap Teuku Umar, hidup atau mati.

Umar mengatur siasat dan bergerak maju hendak cepat-cepat menguasai daerah Meulaboh. Hal itupun tercium oleh van Heutsz sehingga pasukannya mengadakan pencegatan. Tanggal 10 Pebruari 1899 malam pasukan Teuku Umar sudah sampai di pinggiran Meulaboh. Dengan tidak terduga dan amat tiba-tiba pasukan van Heutsz menyerangnya dengan gencar. Teuku Umar tidak mundur setapak. Ia sendiri maju sambil memberi aba-aba pasukannya. Rupanya van Heutsz telah mendapat bala bantuan pula sehingga serangannya dahsyat sekali.

Dalam pertempuran yang sengit Teuku Umar tertembak pada dadanya. Dua buah peluru telah menembus dadanya dan Teuku Umar jatuh terkulai. Ia gugur dalam pertempuran dengan sikap gagah berani. Pang Leot, pembantu Umar yang setia, segera menyelamatkan jenazah panglimanya, jangan sampai jatuh ke tangan musuh. Pasukannya melindungi usaha menyelamatkan jenazah Umar itu dengan bertahan dan terus bertempur. Akhirnya jenazah Teuku Umar dapat diselamatkan sampai ke hulu di Meulaboh dan dikebumikan di mesjid Kamung Mugo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar