Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

7 Juni 2012

Kuliner Di Tanoh Serambi Mekkah Aceh


Yaaa, berhubung aku sekarang tinggal di Aceh. Di Aceh tepatnya di Banda Aceh cuma merantau, aku cuma bisa share sedikit aja tentang gimana makanan Aceh menurut ku, karena aku ke Banda Aceh hanya untuk memenuhi kewajibanku dan keinginan Orang Tua, ya aku disini kuliah. Jadi secara garis besarnya aja yaa tak ceritain. Di Banda Aceh, khusus nya banda aceh menurutku makanan nya enak-enak semua, dan banyak pilihannya, beda sekali makanan ditempat asalku. Menurut analisis saya pake nada butet di Aceh ini nama nya tempat makan, buanyak banget, budaya makan dan ngongkrong (ngopi) nya kaya nya kerasa banget gitu.
Soal makanan, di Banda aceh banyak banget tempat makanan mulai dari warung kopi, warung makan (mie Aceh dan warung nasi), penyetan, bakso, dll juga ada, banyak deh, yakin. Pasca tsunami, kan ekonomi Aceh berputar kenceng tuh, banyak deh tempat makanan yang baru-buka, gede dan bagus-bagus. Terutama makanan-makanan yang non Aceh kaya penyetan, bakso, dll dah. Tapi kalo ke Band Aceh fokusnya makan yang umum di Aceh aja deh, jangan berharap banyak yaa kaya makanan daerah luar Aceh kaya bakso, penyetan, dan sejenisnya itu, rasanya standar, lagian jauh-jauh ke Banda aceh kok makan bakso.
Tak ceritain yaa pengamatan ku tentang hebatnya makanan-makanan di Aceh.
Mulai dari Pagi, warung kopi dah buka semua, mau ngopi, ngeteh plus kue dan nasi sarapan nya udah ada, bungkusan gt dengan lauk nya, tipikali orang aceh tuh sarapannya di warung kopi (sebutannya kede kupi), kaum adam nya, semua rata-rata gitu, serius. Pokoknya sarapan nya di kede kopi. Kalo kede kopi, mulai dari pagi sampe malem, pasti ada pengunjungnya.
Siangnya warung makan model kaya warung padang tapi makanannya makanan Aceh dah mulai jualan, dimana-mana, nasi dengan berbagai lauk, umum nya kuah kari, kari kambing, ayam, bebek, dll.
Malem, beh kalo dah malem, buanyak banget, model nya warung pinggir jalan gt, banyakan nasi ayam, bebek, sate, kerang rebus, dan banyak lagi. Tempatnya sih banyakan di pusat kota. Hidup banget deh wisata kuliner malem hari nya. Keren, dengan kursi-kursi nya model malas gt, bukan kaya warung dengan bangku tegak.
Kalo yang doyan makan, pasti puas deh wisata kuliner an di Aceh, dan di jamin berat badan dan kolesterol nya naik. Hahaha. . .
Nah aku mau coba share tempat-tempat makan di Aceh yang aku inget dan enak. Nama nya juga bukan orang Aceh jadi kalo alamatnya aku kurang tau yaa maaf, tapi ini umum nya yang terkenal di Aceh kok.  Simple nya, kalo ke Aceh harus mampir deh di tempat tempat ini, dan nyobain. Alamat nya detail nya kemungkinan kalo orang Banda Aceh pasti tau.
1.      MIE RAZALI, sudah tidak di ragukan lagi, kalo ke Banda Aceh ga makan mie razali, belum ke banda aceh nama nya. Kata nya yang paling spesial adalah mie kepitingnya (aku mah ga makan kepiting) kata mom dad.

2.      NASI GORENG SAMPING RAZALI, nasi goreng Aceh tuh, nasi goreng no satu di indonesia, model penyajian nya kaya nasi uduk atau nasi kuning, Nasi goreng nya di masak banyak (se wajan gede) baru di masukin ke tempat nasi (apa lah yaa nama nya) nanti kalo ada yang beli baru di ambilin dan kita bisa milih pake lauknya apa aja, emang ga panas from the wajan, namun tetep luar biasa.

3.      MIE LALA, ni mie Aceh no dua terenak di banda aceh versi ku, bedanya dengan mie razali, tipikal nya aku lebih berbumbu soal nya telur nya benar-benar tercampur merata di setiap mie nya, halus gt deh.

4.      WARUNG MAKAN HASAN, gila rasanya enak banget, sumpah, makanan paling enak di Aceh, dan di seluruh indonesia menurutku untuk hal makanan berjenis kuah kaya kari atau kuah padang. Model nya prasmanan kaya makanan padang, ayam udang, kari kambing, ayam nya kampung dan gurih, ayam tangkap soal nya, berbumbu sangat.

5.      KEDE KOPI SOLONG ULEE KARENG, kue nya gila, otentik, original, ga kaya kue kotak kalo ada acara yasinan, menang penampilan dan gede doang, ni rasa nya asli kue, kue tradisional Aceh pula, rekomended roti selai srikaya nya, plus minum kopi atau teh, bagi yang ga biasa ngopi, hati-hati, kopi Aceh tipikal nya asam, teh tarik nya enak. Kopi solong ini dah banyak cabang nya di Aceh.

6.      SATE DI SIMPANG MESRA, ada beberapa sih yang jualan sate di sana, pokok nya yang di sudut nya deh, ada dua tipe sate, sate padang dan sate jawa. Kalo sate padang yaa sate padang pake bumbu kuah padang, kalo sate jawa, sate sapi pake kuah kacang cenderung manis rasa nya. Dua-dua nya slurp banget, kalo mau sensasi rasa yang luar biasa, di blend aja, sate padang dan jawa dengan kuah nya campur. Sampe kalo aku selalu beli dua porsi, satu padang, jadiin satu, tapi ketupat nya satu porsi aja biar ga kekenyangan.

7.      MARTABAK TELUR ACEH, umum nya di jual dengan mie Aceh, nasi goreng Aceh, dan warung kopi, sebenernya biasa aja sih, yang unik kalo martabak umum nya kulit nya di luar, kalo ini kulit nya di dalem di bungkus sama telur malah luar nya, enak nya di jadiin camilan teman makan ya itu nasi goreng, mie Aceh, dsb.

8.      MIE KOCOK, banyak sih yang jual mie kocok di Aceh, umum nya di jual di warung-warung kopi. Mie biasa, pake kuah (yang menuruku cenderung mirip bumbu yang di pake di mie Aceh, tapi ini warna nya bening biasa), terus di kasi cincangan daging ayam halus. Tepat lah buat pengganjal perut sebelum atau sambil minum kopi.
Masi banyak makanan aceh yang lain yang enak, tapi karena berhubung aku makan nya pemilih jadi yaa ga bisa coba semua, banyak di Aceh KARI BEBEK, KARI AYAM, SEA FOOD DI SEKITAR PANTAI. Pokok nya jamin, makanan Aceh enak-enak. Luar biasa untuk kuliner aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar