Bunga Rampai Aceh

Selamat Datang Di "Bunga Rampai Aceh" Http://ChaerolRiezal.Blogspot.Com

7 Juni 2012

Siapa Yang Tak Suka Sejarah?


Sebenarnya aneh jika kita tidak menyukai sejarah, kita yang menyebut diri kita dengan bangga bahwa kita adalah manusia "modern", manusia "maju". Padahal jika kau tau suatu masyarakat paling terasing pun, misalnya Suku Bajo yang tinggal di jantung Laut Sulawesi Utara sana, yang tidak pernah mengenal bangku sekolah, tidak pernah membaca kitab suci dalam hidupnya, tidak mengenal baca dan tulis, serta hanya berkutat hidup dalam leppa masih dapat mencintai sejarahnya, walaupun hanya terbatas sejarah lisan. Mereka menciptakan serpihan-serpihan asal-usulnya sebagai paru-paru atas kebudayaan yang mereka ciptakan sendiri, sehingga akan tetap mengalir, abadi, terwariskan kepada anak cucu.

Lantas apa tidak hebat kalau orang yang menyebut dirinya"manusia modern" bahkan hidup di "jaman modern" yang paling tidak lebih dari 12 tahun duduk di bangku sekolah, bisa tidak suka pada sejarah. Ya Sungguh Hebat.

Kita boleh maju dalam segala hal, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sejarah, kita tinggal hanya sebagai hewan yang pandai, yang tak tau kemarin, siapa saya dan bagaimana saya. Setidaknya benar kata Marxim Gorky " The People Must Know Their History"!!!! Apabila kita tidak mengindahkannya, itu berarti kita tidak bersungguh-sungguh memahami kondisi-kondisi hidup dan pilihan masyarakat kita. Itu berarti pula bahwa kita menertawakan hidup kita sendiri.
Tetapi ada hal yang perlu diingat dalam mempelajari sejarah yaitu jangan terlalu banyak melihat kebelakang karena kedepan itu lebih penting. banyak para orang yang belajar sejarah selalu berjibaku dengan masa lalu sehingga ia lupa dengan masa depan, ia selalu mempertanyakan dan memperdebatkan masalalu dan seolah-olah yang terpenting adalah masa lalu. Berbeda dengan orang yang tidak suka sejarah orientasinya masa depan dengan moto yang berlalu biarlah berlalu. sebagai orang yang bijak jangan lupa menengok kebelakang agar tahu sekarang anda ada dimana dan sebaiknya mau kemana. ibarat mobil sejarah adalah sepion ketika anda mau mengambil keputusan tentang mobil anda untuk kedepan, berbelok atau berhenti anda harus melihat sepion agar tidak terjadi kesalahan.

“Belajar dari Sejarah, Sejarah akan mengajarkan kepada kita semua”
" Cerita...Selamanya tentang Manusia...Tiada habisnya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar